Kiat Jitu Menjadi Pengusaha Sukses

Kiat Jitu Agar Jadi Pengusaha Sukses -  Untuk memulai Menjadi pengusaha dan endingnya menjadi seorang pengusaha yang sukses, ada beberapa tahap dan beberapa karakter yang harus dimiliki oleh para calon pengusaha.

Kali ini kiat jitu akan memberikan tips n trik bagaimana cara menjadi pengusaha sukses dan karakter apa saja yang harus dimiliki oleh para calon pengusaha sukses. Berikut ulasannya:

Kiat Jitu Untuk Jadi Pengusaha Sukses

1. Punya Semangat dan Gairah

Memiliki semangat yang membara dan penuh gairah dalam bisnis sangatlah penting. Baik dalam merintis, mempertahankan dan mengembangkan. Banyak para pebisnis mengalami gulung tikar karena tidak ada semangat di dalam menjalankan dan mengembangkan bisnisnya.

Bagi pebisnis pemula, Biasanya semangat dan gairah berbisnis ada ketika baru merintis bisnis dan kondisi bisnisnya saat itu berjalan baik dan lancar. Ketika bisnisnya ada masalah dan kendala, kendor pula semangat dan gairahnya.

Untuk tetap dan selalu memiliki semangat dan gairah, ada syarat yang harus dibayar, yaitu mencintai tanpa syarat. Mencintai bisnis yang anda jalani dan mencintai apa yang Anda lakukan.

Yang namanya cinta berarti rela berkorban atas bisnis yang anda kembangkan. Dengan kekokohan niat dan ketekunan serta pantang menyerah, maka hal ini dapat menyelamatkan dan mempertahankan bisnis anda.

2. Diversifikasi

Dunia bisnis Bukankah dunia yang kaku, apabila A harus A, akan tetapi dunia bisnis adalah dunia yang sangat dinamis, artinya setiap masa membawa trend masing-masing, sekarang trend nya begini, bisa jadi besok trennya sudah berganti lagi, artinya tidak ada yang bertahan selamanya.

Akan tetapi, anda harus menentukan sebuah Model dan struktur bisnis, sehingga hal ini dapat terakomodir ketika terjadi perubahan yang cepat. Apalagi ketika munculnya tren baru dalam bisnis.

Jika gaya yang digunakan monoton dan kaku, maka hal ini akan berakibat bagi bisnis anda, dan anda akan ditinggalkan konsumen. Oleh karena itu, luwes dan lincah serta pandai membaca situasi sangatlah penting bagi perkembangan bisnis anda.

3. Menciptakan lingkungan yang baik

Maksud dari menciptakan "Lingkungan" adalah suasana. Bukan lingkungan dalam arti fisik. Artinya ciptakan sebuah komunitas orang-orang yang memiliki semangat yang sama. Sehingga satu sama lain dapat bersinergi dan saling membantu satu sama lain dalam menjalani bisnis.

Orang yang memiliki semangat yang sama dan tujuan yang sama bisa memberikan ide-ide baru dalam strategi mengembangkan roda bisnis. Kalau anda harus mengangkat seorang karyawan, carilah mereka yang kreatif. Karena karyawan yang kreatif dapat membantu mengembangkan usaha anda dengan ide-ide baru yang ia miliki. Bahkan karyawan kreatif bisa dibuat sebagai partner bertukar fikiran

4. Bangun reputasi yang baik

Memiliki Reputasi yang baik sangat, karena hal ini akan berhubungan langsung dengan para pelanggan Anda. Bila Anda konsisten, dan membangun reputasi yang baik maka ini dapat dukungan dari pelanggan Anda. Dengan punya reputasi baik juga cara utama mengembangkan bisnis Anda.

5. Proaktif

Cepat dan tepat di dalam mengambil keputusan bisnis menunjukkan bahwa kualitas seorang bisnis tersebut baik. Selalu bersigap dalam memahami situasi perekonomian di sebuah daerah, menunjukkan bahwa Anda siap untuk bersaing dalam Kancah bisnis. Setiap Ide yang spontanitas datang dan bersarang di otak anda, ambil dan lanjutkan dengan tindakan. Hal ini tidak lain agar Anda tidak kalah dalam persaingan bisnis.

6. Tetapkan tujuan

Menetapkan standart dan Barometer tujuan termasuk hal yang sangat penting. dengan adanya tujuan anda tahu kemana arah bisnis yang anda jalani. Apabila anda tidak memiliki tujuan, Anda dan karyawan Anda (jika Anda memilikinya) tidak akan tahu kemana dan berapa target yang harus anda capai, akibatnya Anda terlihat tidak serius. Dengan adanya tujuan maka hal ini bisa digunakan sebagai  pendongkrak semangat dan peta bisnis yang menjadi tolak ukur pertumbuhan bisnis anda.

Dengan adanya tujuan target bisa dihitung dan anda bisa membuat perbandingan  antara bisnis anda dengan bisnis  sang kompetitor. Apabila anda tidak menetapkan target dan tujuan maka Anda tidak akan pernah tahu seberapa kemajuan yang telah anda capai atau kerugian yang anda alami.

7. Tetap belajar

Tidak ada batasan waktu dan tempat untuk selalu belajar. Anda jangan pernah malu untuk selalu mengasah kemampuan dan kompetensi diri. Karena dengan belajar anda bisa menambah wawasan anda. Caranya sangat banyak sekali diantaranya mengangkat seorang mentor, bertanya pada ahlinya, terbuka terhadap sesuatu yang baru (dalam hal ini bisnis) dan belajar dari kesalahan yang pernah anda alami.

Mungkin Cukup Sekian dulu dari kiat jitu mengenai ulasan "Kiat Jitu Menjadi Pengusaha Sukses". Semoga bermanfaat.


Banyak Yang Baca Juga:

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments