Tips & Trik Mengendarai Sepeda Motor Ketika Hujan atau Banjir

Bersepeda Motor Ketika Hujan


Di Indonesia, musim hujan terjadi pada bulan November sampai bulan Maret, awal permulaan hujan biasanya terjadi pada bulan Oktober, dan curah derasnya hujan terjadi pada bulan Desember - Februari.

Derasnya curah hujan seperti sekarang ini (februari 2020) membuat para pengendara sepeda motor agak kesulitan berkendara di jalanan.

Pasalnya, saat musim hujan telah datang, pastinya jalan raya menjadi basah, licin bahkan tak jarang pula jalanan menjadi genangan air hujan dan mengakibatkan banjir.

Hal semacam ini tentunya sebuah masalah tersendiri bagi para pengguna kendaraan bermotor, terutama bagi para pengendara sepeda motor. Pada saat turun hujan, para pengguna sepeda motor tidak beraktifitas seperti biasannya, apalagi jika terjadi banjir.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa genangan air merupakan salah satu penyebab terjadinya kecelakaan. Karena ketika jalanan licin atau terdapat genangan air, maka sepeda motor akan sulit dikendalikan. Dan inilah yang biasanya mengakibatkan kecelakaan.

Bagi anda yang memang hanya memiliki sepeda motor dan anda hendak keluar rumah dengan mengendarai sepeda motor, sebelum berkendaraa, sebaiknya anda melihat terlebih dahulu berita mengenai prakiraan cuaca. Ini penting sekali bagi anda para penggguna sepeda motor, karena dengan mengetahui prakiraan cuaca, anda bisa mengantisipasi atau berjaga-jaga ketika terjadi hujan atau bahkan banjir.

Apabila cuaca menandakan tanda-tanda akan terjadi hujan, alangkah baiknya anda tidak beraktifitas di luar rumah, apalagi bepergian dengan membawa sepeda motor. Karena hal ini bisa membahayakan anda bahkan juga sepeda motor anda.

Akan tetapi, jika anda yang memiliki urusan yang penting dan tidak bisa anda tinggalkan, pastinya masalah hujan atau banjir sekali pun pasti akan anda terobos.

Nah, kali ini Kiat Jitu akan berbagi tips untuk anda yang memang harus berkendaraa ketika musim hujan bahkan banjir sekalipun.

Berikut ini merupakan Tips & Trik Mengendarai Motor Ketika Hujan atau Banjir yang sudah Kiat Jitu siapkan.


Yuk kita simak penjelasannya !

Tips & Trik Mengendarai Sepeda Motor Ketika Hujan atau Banjir

  • Apabila sedang berlangsung hujan yang begitu deras, sehingga berpotensi menyebabkan banjir, maka jangan anda nekad dan berpikir untuk melewatinya, sebab air genangan air yang tinggi atau banjir bisa mengakibatkan kerusakan kelistrikan motor anda. Sehingga hal tersebut menyebabkan sepeda motor anda mogok atau mati. Nah, untuk mengatasi kendala semacam ini, saran dari kiat jitu untuk memilih jalan alternatif atau Berhenti sejenak menunggu hingga air mulai surut.
  • Mengkondisikan laju motor, jangan kencang-kencang waktu melewati jalanan yang genangan airnya tinggi, pelan-pelan saja tidak masalah, yang penting selamat. Sebab jalanan yang terdapat genangan air sangat beresiko. Bisa jadi jalannya licin atau terdapat aspal yang rusak atau berlubang.
  • Jangan lupa selalu mainkan rem motor waspada. Hal ini untuk menyesuaikan kecepatan serta keseimbangan motor.
  • Karena air hujan sangat rentan mengenai rantai motor, berilah Beri rantai motor Anda pelumas khusus, lakukan pelumasan ini dengan rutin dan teratur, minimal seminggu sekali. Tujuannya adalah untuk memproteksi rantai dari karat serta melindungi rantai tetap dinamis, maka rantai motor yang anda miliki dapat lebih awet dan tahan lama.
  • Agar busi tidak mudah kemasukan air hujan, Berilah sealer pada bagian cop atau tutup busi. Tujuannya adalah supaya busi terbebas dari air, pemberian sealer pada cop busi dapat menghidari busi terserang air. Karena jika busi terkena air, maka bisa menyebabkan motor bakal sulit dihidupkan.
  • Selanjutnya, cucilah motor Anda motor dengan menggunakan air bersih setelah terkena air hujan. sebab air hujan mengandung asam yang dapat mengakibatkan karat pada besi atau rangka motor dan bisa memudarkan warna pada motor anda.
  • Lakukan pengecek perangkat kelistrikan motor anda, karena air hujan bisa saja masuk pada mesin motor anda dan mengenai inti pelistrikan motor. Tujuannya adalah supaya motor anda selalu tetap prima dan siap untuk dikendarai, walaupun harus melaju melintasi guyuran air hujan.
  • Jangan lupa pula untuk senantiasa mengecek dan membersihkan speedometer motor anda, sebab piranti itu rentan rusak dimusim penghujan.
  • Dan yang terakhir, Jangan lupa untuk membersihkan sektor rem, sebab air hujan dapat menjadikan rem jadi kotor. Kalau sektor rem motor kotor, maka ia tidak bisa berperan optimal.
Nah, itulah Tips & Trik Mengendarai Motor Ketika Hujan atau Banjir yang dapat Kiat Jitu uraikan untuk anda para pengguna sepeda motor.
Terima kasih atas kunjungannya, semoga apa yang Kiat Jitu uraikan di atas bisa bermanfaat untuk anda semua.


Banyak Yang Baca Juga:

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments