Tips Merawat Motor Vespa, Jadikan Mesin Tua Performa Muda

Motor Vespa


Dijual sayang, di gunakan malah menyusahkan dan merepotkan.
Ya... Itulah romantika Motor Vespa. Motor yang Hampir semua body-nya dari besi ini memang memiliki daya tarik dan karisma tersendiri, sehingga membuat pemiliknya harus berfikir ulang untuk melepaskannya.

Harus diakui bahwa motor Vespa memang sangat menyenangkan. Keunikan desain juga menjadi daya tarik tersendiri dari motor keluaran pabrikan Italia ini, sehingga banyak yang menyukainya.

Motor Vespa diproduksi pada tahun 80-an. Kalau melihat tahun pembuatannya, motor Vespa ini sudah terbilang agak tuwir (bisa dibilang motor janda, hihihi) dan jadul, sehingga wajar kalau kemudian banyak orang yang mengeluhkan performa dan kapasitasnya.

Sangat wajar sekali bila melihat performa mesin motor Vespa ini menurun, mengingat tahun pembuatannya lumayan lama dan juga disana sini sudah banyak beberapa bagian bodi dan aksesori yang juga berangsur aus atau rusak.

Nah, kali ini Kiat Jitu akan memberikan tips bagi anda penggemar motor jenis skuter konvensional ini, agar performa dan kapasitas motor Vespa kembali seperti sedia kala. Untuk membuat performa motor Vespa jadi mantap, mau tidak mau Anda harus melakukan perawatan yang baik dan benar. Melakukan perawatan terhadap motor Vespa ini tujuannya agar motor Vespa Anda tetap mantap dan terlihat keren.


Berikut beberapa tips Perawatan motor Vespa dari Kiat Jitu untuk Anda


Cek aki

Tips pertama perawatan motor vespa adalah rutin cek aki/baterai.
Keberadaan aki tidak bisa dipandang sebelah mata, karena ia sebagai salah satu komponen untuk menghidupkan  dan juga sebagai pelengkap mesin. Keberadaan aki sangat penting bila anda termasuk salah seorang yang malas menghidupkan mesin secara manual (dengan kick starter).

Nah, kalau memang Anda orang yang malas menghidupkan mesin secara manual, maka posisi aki akan menjadi hal yang krusial dalam hal menghidupkan mesin.
Dan perlu diakui bahwa  menghidupkan mesin secara manual membuat Anda capek, akan tetapi dengan adanya aki, Anda tidak perlu lagi capek-capek mengeluarkan tenaga dengan cara manual.

Perawatan paling sederhana dan mudah adalah selalu rutin melakukan cek aki minimal satu bulan sekali.

Gangguan yang sering muncul pada komponen aki ini adalah munculnya kerak pada kepala aki. Kerak aki ini dapat membuat performa aki terganggu. sehingga dengan terganggunya performa aki, maka terganggu pula performa pada motor Vespa terutama pada starter otomatis.

Nah, untuk membersihkannya, Anda bisa lalukan  penyiraman bagian kerak dengan air panas lalu kemudian menyikatnya  hingga bersih sampai keraknya hilang.


Periksa busi

Tips kedua perawatan motor Vespa adalah pemeriksaaan busi.
Busi adalah komponen yang sangat berpengaruh dalam proses menghidupkan mesin. Oleh sebab itu perawatan busi sangat penting. Apalagi kalau mengingat motor vespa adalah motor 2 tak. Kendala yang seringkali muncul pada motor 2 tak adalah masalah busi, karena biasanya pada mesin motor 2 tak businya berkerak.

Seperti halnya kerak pada aki, busi yang berkerak juga akan mengganggu kelancaran "penghidupan" pada saat Anda men-starter mesin. Karena adanya kerak pada busi, mengakibatkan peng-api-an pada mesin jadi terganggu.

Untuk membersihkan kerak pada busi, caranya cukup mudah anda tinggal mengamplas bagian kerak yang ada busi hingga bersih.

Kalau Anda rajin dan rutin membersihkan busi, maka usia busi motor Vespa Anda akan lebih lama. Tapi bila memang kondisi busi sudah usang dan tidak bisa lagi digunakan, maka Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Lakukan pengecekan pada busi secara rutin dan berkala, agar ketika mau dan butuh untuk mengendarai motor Vespa anda, Anda tidak lagi kerepotan.


Bersihkan kran bensin

Berikutnya, tips perawatan motor Vespa adalah membersihkan kran bensin.

Untuk perawatan kran bensin ini, Anda bisa melepasnya dengan menggunakan kunci kran bensin, kemudian setelah Anda lepaskan bagian-bagian pada kran bensin tersebut. Anda bisa mencuci dan membersihkan tangki dengan bensin sampai kotoran terbuang.

Sedangkan untuk saluran kran bensin, Anda cukup merendamnya dengan bensin sambil di sikat dengan sikat gigi, supaya lebih mudah. Dengan melakukan pembersihan pada kran bensin ini secara rutin, maka motor Vespa Anda akan terhindar dari mogok.


Pakai bahan bakar dengan oktan tinggi

Memakai bahan bakar dengan oktan tinggi untuk motor Vespa sangatlah penting. Jangan mentang-mentang motor tua lantas Anda seadanya dan asal isi bahan bakarnya.

Jangan...!!

Justru sudah tua itu makanya perlu bahan bakar oktan tinggi. Sama seperti manusia, justru sudah tua maka butuh pada gizi yang lengkap dan sempurna. Biar selalu sehat dan berstamina.

Banyak orang yang asal-asalan memakai bahan bakar dengan oktan rendah. Bahkan ada juga yang menggunakan bahan bakar oplosan. Tentu saja pemakaian bahan bakar yang asal-asalan seperti ini akan membuat mesin motor terganggu.

Penggunaan bahan bakar dengan oktan rendah seperti premium bisa menyisakan banyak kotoran (bolot) pada komponen-komponen pembakaran, hal ini pada akhirnya akan mengganggu kinerja mesin. Maka dari itu untuk menjaga performa mesin motor Vespa kesayangan anda, jangan pernah ragu-ragu atau pelit menggunakan bahan bakar beroktan tinggi di atas 88.

Bahan bakar dengan oktan di atas 88 itu seperti Pertalite, Pertamax (produk pertamina), Primax (produk Petronas), Performance (produksi Total), bisa juga Shell Super (produk Shell).

Dengan penggunaan bahan bakar beroktan tinggi, mesin motor Vespa Anda akan tetap prima dan terjaga kondisinya dengan baik.


Pakai oli samping yang kualitasnya bagus

Tak hanya bahan bakar berkualitas tinggi (oktan di atas 88) yang perlu Anda perhatikan, tapi juga oli. Oli yang berkualitas bagus (bahan aditif tinggi) juga perlu anda gunakan. Karena jika oli yang Anda gunakan berkualitas rendah, maka ia akan banyak meningggalkan kotoran (bolot) pada mesin, yang akhirnya akan mengganggu performa mesin.

Maka dari itu, semakin baik oli yang digunakan, maka semakin awet dan panjang umur mesin.

Untuk penggantian oli, Anda bisa menggantinya sebulan sekali, bila memang Anda sering menggunakan motor Vespa.
Tapi bila Anda jarang menggunakannya, maka cukup 2 bulan sekali anda melakukan pergantian oli.


Selalu periksa karburator

Sedang enak-enaknya naik motor Vespa, tiba-tiba mogok. Sedih deh.
Agar hal tersebut tidak terjadi, maka perawatan motor Vespa berikutnya adalah Karburator.

Karburator berfungsi mencampur bahan bakar dan udara supaya bahan bakar mudah dinyalakan oleh busi. Kebanyakan karburator ini menjadi kendala pada motor-motor jadul, termasuk juga motor Vespa.

Umumnya, masalah yang ada pada karburator ini adalah tersumbatnya aliran bahan bakar dan udara karena adanya kotoran yang menumpuk.
Nah, dari itulah pentingnya perawatan karburator, pastikan karburator motor Vespa Anda bersih.

Cara untuk membersihkan karburator Vespa adalah cukup dengan menggunakan bensin atau minyak tanah serta menyemprotkan udara kencang melalui kompresor agar kotoran yang menyumbat bisa hilang dan disingkirkan.


Jangan lupa juga rawat dengan baik bodi Vespa

Terakhir, tips perawatan motor Vespa adalah dengan merawat bodinya dengan baik.
Caranya adalah dengan rajin dan rutin membersihkan bodi Vespa. Untuk pembersihnya, bisa dengan shampo motor dan lap yang halus. Pembersihan body ini terutama ketika Vespa terkena air hujan atau lumpur, sesegera mungkin dibersihkan. Apabila Anda menjumpai karat pada bagian bodi, maka Anda bisa melakukan pengecatan pada body motor, agar motor Vespa Anda terhindar dari karat.

Sekian dulu Tips Dari Kiat Jitu Mengenai Perawatan Motor Vespa, jangan lupa Simak juga tips-tips lainnya.


Banyak Yang Baca Juga:

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments