Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh

Jahe Untuk Kesehatan

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh - ketika kita berbicara jahe, kita akan terbawa pada imajinasi akan manfaat jahe yang bisa menghangatkan tubuh melegakan tenggorokan. Sehingga ketika ada orang yang bermasalah pada tenggorokannya kita menyarankan untuk minum jahe. Padahal bukan itu saja manfaat yang ada pada jahe. Akan tetapi lebih daripada itu.

Asal muasal tanaman jahe menurut sejarah, ia berasal dari daratan Asia, tepatnya dari daratan Asia Tenggara. Yang Kemudian menyebar ke seluruh pelosok dunia. Aroma yang khas yang terdapat pada jahe menjadikan dia dilirik oleh para tabib sebagai media pengobatan alternatif. Disamping itu jahe juga bisa digunakan sebagai campuran atau pelengkap pada masakan.

Orang-orang Cina, India, hingga Timur Tengah sudah tidak asing lagi sama tanaman yang satu ini. Mereka sudah biasa menggunakan jahe sebagai sarana untuk menjaga kesehatan dan vitalitas, serta sebagai pengobatan alternatif.

Jika anda ingin membuat obat alternatif dari bahan dasar jahe maka yang harus anda perhatikan pertama kali adalah struktur dan bentuk jahe, yang meliputi kesegaran, kekokohan  halus dan tidak berjamur. Lalu Apa saja manfaat jahe yang bisa Anda dapatkan bagi kesehatan?

Kegunaan dan manfaat jahe

Rasa yang anda dapatkan pada jahe yang masih utuh dan segar akan berbeda dengan jahe dalam bentuk kemasan atau bubuk. Jahe yang masih utuh dan segar akan memiliki rasa yang lebih kuat. Karena kandungan gingerol yang terdapat pada jahe akan banyak anda rasakan manfaatnya bagi kesehatan pada jahe yang masih segar.

Jahe yang masih segar bisa anda buat sebagai campuran, baik itu campuran dalam bentuk minuman, jus, atau bahkan dalam masakan, seperti topping salad, seafood, campuran smoothies dan lain sebagainya.

Namun berbeda halnya jika Anda memilih jahe dalam bentuk bubuk. Usahakan Ketika anda menggunakan jahe yang berbentuk bubuk, pastikan bubuk tersebut adalah jahe yang murni. Agar jahe yang anda miliki dapat bertahan lama baik guna dan manfaatnya, maka Simpanlah bubuk jahe di dalam tempat yang bersih dan kering, tapi tidak pengap dan panas.

Sekedar informasi bagi anda, bahwa minuman bubuk jahe yang beredar di pasaran biasanya sudah banyak campurannya.

Manfaat jahe bagi kesehatan

1. Melindungi Anda dari kanker

Kandungan gingerol yang terdapat pada jahe dapat memiliki manfaat dapat mencegah kanker, begitu juga phytonutrient. Pertumbuhan Sel kanker yang terdapat pada usus besar dapat dicegah oleh gingerol.

Kesimpulan ini di dapat dan diperoleh dari penelitian yang diadakan oleh University of Minnesota ketika mereka melakukan kelinci percobaan pada sekelompok tikus. Ada 17 tikus yang mereka gunakan untuk penelitian. Mereka memberikan gingerol pada 4 tikus dan membiarkan 13 tikus lainnya.

Hasil yang mereka dapatkan sangatlah mengejutkan. Dari keseluruhan tikus tersebut, semua tikus mengalami tumor usus besar. Akan tetapi 13 tikus yang tidak diberi gingerol mengalami pertumbuhan tumor yang sangat cepat. Sedangkan 4 tikus yang diberi gingerol pertumbuhan tumornya tidak seperti 13 tikus yang lainnya.

Pada hari ke 49 penelitian, tikus-tikus yang mengindap tumor usus besar akhirnya di suntik mati. Sedangkan 4 tikus yang yang diberi gingerol dibiarkan masih hidup.

Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah pertumbuhan tumor pada tikus yang tidak diberi gingerol tumbuh terlalu besar, sementara tikus yang diberi gingerol pertumbuhan tumornya setengah dari ukuran tikus yang tidak diberi gingerol.

Terdapat sebuah pertanyaan kembali yang menyebabkan diadakan penelitian kembali, yaitu apakah selain mencegah pembentukan tumor, gingerol juga dapat mencegah penyebaran dan mengurangi tingkat keparahan sel tumor?

Akhirnya Peneliti menguji hal tersebut  dan memberikan kesimpulan bahwa gingerol memberikan hasil positif pada tubuh di dalam menghambat pertumbuhan kanker. Bahkan Gingerol dinilai mampu mencegah penyebaran dan bertambah parahnya sel tumor yang sudah tidak dapat dioperasi.

2. Mengurangi rasa sakit (cedera sakit lutut)

University of Georgia melakukan sebuah penelitian dan menyimpulkan bahwa mengkonsumsi suplemen jahe Setiap hari dapat mengurangi sakit otot yang diakibatkan oleh berolahraga hingga 25%.

Disamping itu dengan  mengkonsumsi  maka manfaat yang akan didapat adalah kurangnya sakit akibat dysmenorrhea, dan juga  mengurangi rasa sakit pada saat menstruasi. dalam sebuah penelitian yang lain menyatakan bahwa 60% wanita yang merasa sakit dikarenakan menstruasi akan berkurang setelah mengkonsumsi jahe.

 3. Mengatasi masalah pencernaan

Manfaat jahe sudah dikenal secara turun temurun dari generasi kegenerasi bahwa jahe bisa digunakan sebagai alternatif untuk memperlancar sistem pencernaan. Pada diri jahe terdapat kandungan phenolic, kandungan ini berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, hingga dapat mempermudah  pergerakan makanan dan minuman selama berada di pencernaan. Carminative adalah sebutan lain yang disandangkan pada jahe, karena zat tersebut dapat membantu mengeluarkan gas berlebih yang ada di sistem pencernaan Anda. Masalah pencernaan seperti dispepsia dan kolik dapat diatasi oleh jahe.

4. Membantu proses detoksifikasi dan mencegah penyakit kulit

Menurut para peneliti dan para ahli kesehatan mengatakan bahwa Jahe merupakan salah satu jenis makanan diaphoretic. (artinya jahe dapat mengeluarkan kotoran atau racun dalam tubuh dengan cara mengeluarkan keringat).

Dengan keluarnya keringat dari dalam tubuh, Hal ini dapat menyebabkan Anda terlindungi dari mikroorganisme sehingga kulit anda terhindar dari infeksi. Inilah yang disebut dengan detoksifikasi bagi tubuh yang didapat dari manfaat jahe.

Para ahli medis menemukan bahwa didalam jahe terdapat sejenis protein yang disebut dengan dermicidin. Zat ini diproduksi oleh kelenjar tubuh yang nantinya dikeluarkan melalui keringat. Fungsi keringat yang keluar dari tubuh melalui zat ini adalah untuk melindungi tubuh dari bakteri seperti staphylococcus aureus, E. coli, serta jamur yang dapat menyebabkan penyakit kulit.

5. Mengurangi mual

Jahe dipercaya mampu mengatasi mual yang disebabkan oleh kanker serviks. Adanya mual yang disebabkan oleh morning sickness, vertigo, maupun efek samping pengobatan kanker dapat anda atasi dengan cara mengkonsumsi jahe secara teratur. Bisa anda konsumsi secara mentah atau menjadikannya minuman maupun dalam bentuk permen.

Mengkonsumsi jahe ini sangat baik sekali terutama bagi ibu yang sedang hamil Apabila mengalami rasa mual akibat kehamilan

6. Anti peradangan

Kanker yang timbul dari usus besar atau rektum yang biasanya disebut dengan istilah medis dengan sebutan kanker kolorektal atau disebut juga dengan kanker usus besar atau kanker rektum secara terpisah.

Dalam sebuah penelitian, terdapat Beberapa pasien yang selalu mengkonsumsi jahe. Para pasien melaporkan bahwa penyakit persendian seperti osteoarthritis dan rematik yang mereka derita berangsur mereda setelah mengonsumsi jahe secara teratur.

Ini artinya mengkonsumsi jahe secara teratur bisa mengurangi rasa sakit, tidak hanya itu saja, akan tetapi mengkonsumsi jahe secara teratur juga bisa mengurangi pembengkakan pada bagian yang sakit.

Oleh sebab itu jahe diyakini mampu menghambat komponen yang berperan dalam proses inflamatori dalam tubuh seperti sitokin, kemokin, kondrosit, dan leukosit.

Manfaat jahe untuk menurunkan berat badan

Institute for Human Nutrition di Columbia University pernah melakukan sebuah studi mengenai jahe. Hasil  laporan study yang mereka peroleh adalah mengonsumsi jahe panas dapat membuat  perut terasa kenyang lebih lama, ini artinya hal ini sangat baik sekali untuk Anda yang ingin melakukan diet.   karena membuat anda cenderung untuk tidak makan lebih banyak.

Di dalam studi ini juga diungkapkan bahwa jahe dapat membantu menekan nafsu makan. Hal ini terjadi karena jahe dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh dan kalori yang dibakar.

Di dalam penelitian yang lain pun diungkapkan bahwa hasil penelitian menyimpulkan bahwa manfaat jahe sama dengan penelitian sebelumnya. Akan tetapi dalam sebuah makalah kesehatan yang diterbitkan dalam Annals of New York Academy of Sciences, disebutkan bahwa lebih dari dari 60 temuan menyebutkan bahwa jahe dan berbagai senyawa yang terkandung di dalamnya memberikan efek positif terhadap penderita penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

Bahkan lebih dari itu, sebuah laporan pembuktian  menyatakan bahwa jahe mampu menghambat stres oksidatif (bentuk penuaan seluler), memiliki sifat anti-inflamasi, menurunkan kadar kolesterol serta tekanan darah. Disamping itu, jahe  juga dapat mengurangi aterosklerosis, yaitu penumpukkan lemak berbahaya di pembuluh darah arteri.

Seperti diungkapkan dalam hasil penelitian di atas, dijelaskan pula kinerja jahe terhadap metabolisme tubuh di dalam pembakaran lemak, pencernaan karbohidrat, dan produksi insulin.

Uji tes laboratorium mengatakan, percobaan terhadap seekor tikus yang diberi umpan makanan yang mengandung jahe melaporkan bahwa tikus yang mengkonsumsi jahe berat badannya menjadi turun secara signifikan begitu juga peradangan sistemik pada tubuhnya. Disamping itu, kolesterol dan gula darah serta hatinya terlindung dari efek berbahaya.

Meski begitu, hingga saat ini para peneliti masih belum paham mengenai dosis dan formulasi yang tepat untuk mendapatkan manfaat klinis dari jahe guna menurunkan berat badan.

Di samping jahe yang sudah lumrah kita ketahui, ternyata ada juga jahe yang berwarna merah, jahe ini disebut dengan jahe merah. Adapun manfaat daripada jahe merah, tidak kalah seru dengan jahe pada umumnya.

Baca Juga : Diet Secara Alami dan Sehat Dengan Jahe

Manfaat jahe merah

Apa jahe merah itu? Jahe merah adalah jahe yang memiliki karakteristik yang berbeda dari jahe pada umumnya, walaupun masih dalam satu rumpun jahe-jahean.

Dalam istilah kesehatan jahe ini disebut Zingiber officinale var. Karakteristiknya ialah kulit yang berwarna kemerah-merahan dan daging (bagian dalam) berwarna merah muda, Walaupun ada juga yang berwarna kuning. Jahe merah memiliki ukuran yang lebih kecil daripada jahe pada umumnya. Sedangkan kandungan yang terdapat di dalamnya dan juga rasanya berbeda. jahe merah memiliki rasa yang lebih pahit dan pedas dari jahe pada umumnya.

Di Asia Tenggara jahe ini banyak ditemukan, termasuk juga Indonesia.  banyak orang yang mempercayai bahwa jahe merah ini ini memiliki fungsi sebagai obat tradisional yang ampuh yang dapat menyembuhkan beberapa macam penyakit. Kandungan yang terdapat pada jahe merah ini sangat banyak sekali, seperti agen anti bakteri, flavonoid, agen anti peradangan, gingerol dan lain sebagainya, yang semuanya itu memberikan dampak yang positif pada kesehatan.

 Apa saja manfaat jahe merah untuk kesehatan?

Di dalam Jahe Merah terdapat kandungan aktif yang sangat bermanfaat untuk kesehatan anda, diantara beberapa manfaat dari jahe merah adalah:

1. Mengatasi radang otot

Di dalam Jahe Merah terdapat kandungan yang dapat bertindak sebagai antiperadangan. Sehingga kandungan ini dapat membantu anda dalam menangkal dan melawan peradangan akut maupun kronis.

Gingerol, gingerdione, dan zingeron adalah komponen aktif  yang terdapat pada jahe merah yang dapat menghambat enzim siklooksigenase dan lipoksigenase. Sehingga  komponen tersebut mampu menurunkan leukotrien dan prostaglandin yang menjadi pemicu peradangan.

di dalam jahe merah juga terdapat kandungan oleoresin yang kadarnya lebih tinggi dari jahe pada umumnya, di mana fungsi daripada oleoresin sebagai antiperadangan.

Pembuktian bahwa jahe dapat memberikan Efek positif pada peradangan adalah adanya bukti laporan di beberapa penelitian.

Terdapat sebuah laporan dalam penelitian yang dilakukan oleh para atlet sepak takraw bahwa memberi ekstrak jahe selama 10 hari dapat mengurangi nyeri otot pada atlet sepak takraw.

American College of Rheumatology menerbitkan sebuah hasil penelitian yang menyatakan bahwa ekstrak jahe dapat membantu mengurangi gejala osteoarthritis, seperti nyeri otot.

2. Mencegah masalah pencernaan

Di dalam Jahe Merah terdapat agen bakteri  yang dapat melindungi sistem pencernaan Anda dari bakteri. Agen antibakteri ini dapat melawan bakteri jahat, seperti Escherichia coli, Salmonella enteriditis, dan Staphylococcusaureus sehingga Anda dapat menyembuhkan sakit perut dengan menggunakan ekstrak jahe merah.

Disamping itu pula jahe merah juga bisa digunakan sebagai pengawet makanan alami . Jadi anda bisa menambahkan dalam makanan anda sebagai pengawet sehingga Anda terhindar dari keracunan makanan akibat bakteri.

Bukan hanya itu saja, rasa hangat yang diberikan oleh jahe dapat menenangkan pencernaan Anda. Tunjukkan kehangatan yang terdapat pada jahe juga bisa anda manfaatkan untuk mengobati flu dan pilek.

3. Membantu meningkatkan kesuburan pria

Antioksidan yang terdapat pada jahe dan juga aktivitas androgenik yang terdapat di dalamnya mampu meningkatkan jumlah hormon testosteron sehingga hal ini dapat meningkatkan kesuburan pria. Hal ini sebagaimana kesimpulan yang didapat dari beberapa penelitian  mengenai manfaat jahe merah.

Dalam penelitian yang lain  menggunakan media tikus albino jantan sebagai kelinci percobaannya, menunjukkan bahwa pemberian ekstrak jahe yang dikombinasikan dengan mineral dapat meningkatkan hormon testosteron, jumlah sperma, dan kualitas sperma pada tikus tersebut. Meski begitu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan kesimpulan dari pada hasil temuan ini.

Semoga bermanfaat pemaparan dari Kiat Jitu mengenai Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh.


Banyak Yang Baca Juga:

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments