Tips Membeli Komputer/Laptop baru agar Tidak Menyesal karena merasa tertipu

Membeli Komputer/Laptop baru

Membeli komputer baru atau laptop baru, bisa dibilang gampang-gampang susah. Anda akan berkata Gampang sekali, ketika budget yang anda miliki tidak terbatas.

Akan tetapi ketika dana keuangan yang anda miliki terbatas dan Anda harus punya komputer atau laptop, di sinilah letak masalahnya. Anda harus jeli dan teliti di dalam membeli komputer, agar anda tidak menyesal nantinya karena telah salah pilih dan komputer/laptop yang anda beli kualitasnya rendah.

Pasti sedih kan....

Oleh sebab itu, yang harus Anda pahami sebelum membeli adalah apa saja yang harus anda ketahui agar anda membeli komputer/laptop sesuai dengan yang anda inginkan dan Anda puas dengan pilihan anda.

Kali ini kiat jitu akan mengulas mengenai tips membeli komputer baru.


Yuk kita simak bersama agar anda tidak salah memilih dan membeli komputer atau laptop baru.

1. Sesuaikan dengan kebutuhan

Tips yang pertama sebelum Membeli Komputer/Laptop Baru adalah tanyakan pada diri sendiri komputer/laptop ini mau digunakan untuk kebutuhan apa. Sebelum anda memilih, anda tanyakan dulu tujuan dari membeli komputer/laptop untuk apa. Sehingga yang akan muncul di kepala anda adalah gambaran yang jelas. Kalau laptop/komputer untuk urusan kantor, kuliah, sekolah maka yang anda butuhkan adalah komputer/laptop yang spesifikasi menengah ke bawah. Tapi jika tujuan Anda adalah gaming, membuat desain grafis dan pekerjaan berat lainnya, maka yang anda butuhkan adalah komputer atau laptop spesifikasi menengah ke atas.

2. Perhatikan spesifikasi penting dalam komputer/laptop

Baik komputer atau laptop, komponen-komponen yang tersusun di dalamnya hampir sama dan tak jauh beda dan semua komponen-komponennya memegang peranan penting, namun ada beberapa komponen yang sangat sangat penting, karena komponen tersebut menjadi penentu performa sebuah komputer/laptop. Komponen-komponen tersebut meliputi Processor, RAM komputer, Harddisk, dan Video Card

Processor adalah otak dari komputer/laptop, ibarat tubuh manusia prosesor adalah otaknya. Oleh karena itu, jika Anda budget yang besar, gunakanlah jenis processor yang terbaru, karena prosesor yang terbaru sudah pasti terupdate. Begitu juga dengan RAM, umumnya RAM be dengan kapasitas 2GB sudah cukup memenuhi kebutuhan Anda. Sedangkan untuk hardisk, 500GB sudah cukup memenuhi untuk menyimpan data-data penting anda. Sedangkan untuk Video Card, bisa Anda gunakan tapi juga bisa Anda abaikan. Karena video card hanya diperlukan untuk program yang behubungan gaming atau desain grafis. Jika Anda tidak begitu fokus pada bagian tersebut, Anda bisa mengabaikannya.

Namun dari empat komponen yang yang sudah disebut, semuanya sangat menentukan dan bergantung pada kebutuhan Anda nantinya.

3. Perhatikan perangkat pendukung lainnya

Untuk kebutuhan pada penggunaan komputer/laptop standar, Anda hanya perlu hardware (perangkat keras) komputer yang penting-penting saja. Perangkat tersebut meliputi monitor, mouse, keyboard, dan sistem jaringan komputer. Untuk perangkat tambahan lainnya, anda bisa menambahkan printer, sound system, CD ROM, dan perangkat pendukung lainnya.

Untuk laptop, semua perangkat sudah menjadi satu kesatuan sehingga Anda tidak perlu lagi menambahkan perangkat pendukung. Untuk laptop perangkat pendukungnya yang mungkin bisa anda tambahkan adalah printer.

Berbeda dengan laptop, komputer sangat tergantung pada monitor. Posisi monitor bagi komputer sangatlah penting sekali. Karena tanpa perangkat ini anda tidak bisa melihat data-data yang dihasilkan dari CPU. Jenis-jenis monitor banyak sekali, Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan anda. Pastikan monitor yang digunakan memiliki kualitas yang baik, sehingga monitor bisa tahan lama dab dapat digunakan dalam jangka panjang.

Untuk monitor gaming, harga yang memang sangat mahal, Anda bisa lakukan seurvey monitor gaming termahal di dunia saat ini.

Berbeda dengan laptop, mouse dan keyboard juga menempati perangkat penting bagi komputer. Karena fungsi mouse dan keyboard pada komputer sebagai alat untuk memasukan data maupun mengolah data pada komputer. Berbeda dengan laptop yang memang sudah ada dan jadi satu kesatuan dengan mouse dan keyboard.

Untuk perangkat mouse dan keyboard, Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan selera. Anda bisa memilih versi kabel atau versi wireless.

Saat ini jaringan internet sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam dunia informatika dan data, sehingga pemasangan jaringan adalah hal yang niscaya pada komputer/laptop anda. Karena begitu mudahnya mengakses data dan informasi dengan menggunakan perangkat Sistem jaringan, maka perangkat ini menjadi penting untuk masa sekarang, bahkan di masa yang akan datang. Untuk bisa tersambung dengan jaringan internet, Anda bisa memilih menggunakan sistem jaringan komputer seperti jaringan LAN, MAN, dan WAN.

4. Memilih software bawaan

Untuk menjalankan hardware sudah pasti dibutuhkan software. Ketika komputer/laptop yang anda idamkan sudah Deal dan sudah anda beli, anda akan ditawari software atau aplikasi untuk laptop/komputer yang anda miliki. Jika Anda menginginkan menggunakan Sistem Operasi Windows, maka sudah dipastikan beberapa aplikasi maupun software bawaan Windows akan ikut terinstal. Apabila Anda menginginkan aplikasi yang lain yang anda butuhkan, pastikan aplikasi tersebut dapat dijalankan pada sistem yang digunakan. Karena tidak semua software maupun aplikasi kompatibel pada semua sistem operasi.

Aplikasi berikut ini mungkin sangat dibutuhkan untuk komputer/laptop yang anda miliki. Diantaranya adalah Antivirus, pembersih sampah sistem dan lain-lain sebagainya yang bisa anda pikirkan sendiri untuk komputer/laptop anda. Adanya software antivirus untuk menjaga sistem yang ada di dalam komputer anda. Sedangkan aplikasi pembersih sampah pada sistem berguna untuk mengoptimalkan kinerja harddisk pada komputer/laptop anda. Manfaat dari Aplikasi pembersih sistem ini adalah untuk menghapus junk atau sampah yang menumpuk di memory hardisk. Dengan menggunakan pembersih sampah pada sistem maka performa harddisk laptop/komputer anda selalu optimal dan kinerja komputer menjadi tetap cepat.

5. Garansi

Sudah menjadi rahasia umum bahwasannya setiap pembelian barang elektronik, Pasti ada garansi atau jaminannya. Ketika Anda membeli barang elektronik, lalu garansi yang diberikannya sangat pendek waktunya, hanya dalam hitungan hari, lebih baik anda jangan membelinya.

Yang namanya barang elektronik tentunya kita tidak tahu Dan kita pun tidak mau membeli barang yang mudah rusak atau banyak masalah yang terjadi dalam waktu dekat. Dengan adanya garansi dari pihak gerai, maka kita dapat menjamin barang yang kita beli akan diganti dengan barang baru secara gratis Apabila terjadi sesuatu yang "diluar dugaan  dan diluar pengetahuan" di belakang hari pada barang elektronik yang telah kita beli.

Adanya garansi bukan berarti kita boleh berbuat dan bertindak semena-mena terhadap komputer/laptop yang telah kita beli. Adanya garansi hanyalah jaminan bagi pembeli Apabila terjadi kerusakan yang tidak disengaja yang dilakukan bukan karena kelalaian pembeli. Artinya kerusakan memang murni bawaan pabrik, bukan karena perilaku sang pembeli. Contohnya seperti korsleting listrik korsleting listrik.

Itulah Tips Membeli Komputer/Laptop baru agar Menyesal di kemudian hari karena karena merasa tertipu, merasa ini lah itu lah. Jika anda seorang mahasiswa dan selama ini masih mengandalkan uang dari orang tua, sedangkan orang tua Anda bukanlah seorang Jutawan, dalam artian kehidupan ekonomi orang tua anda cukupan atau budget yang anda miliki dari usaha sendiri dan anda menginginkan membeli komputer/laptop, sebaiknya Anda beli yang bekas saja. Semoga ulasan di atas bisa menjadi referensi terbaik bagi anda.


Banyak Yang Baca Juga:

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments