Kiat Jitu Pemasaran Produk Bagi Bisnis Baru

Kiat Jitu Pemasaran Produk Bagi Bisnis Baru - Memasarkan produk yang telah anda buat adalah jalan agar keberlangsungan rumah produksi anda tetap eksistensi. Karena, hanya dengan cara pemasaranlah produktifitas akan terus berkesinambungan

Memasarkan produk kadang mudah, kadang pula susah (tapi bukan mustahil lo...). Artinya ada orang yang menjual barang dagangan cepat laku, ada pula orang yang jual dagangannya lama banget lakunya. Padahal item produk yang ditawarkan sama.

Ada apa ini? Kenapa yang satu cepat laku sedangkan yang lainnya tidak.

Yups,...

Semua itu ada ilmunya.

Kali ini Kiat Jitu akan ungkapkan itu semua.

Kiat Jitu pemasaran Berikut ini adalah jurus yang bisa Anda praktikkan dalam pemasaran :

1. Percaya dan bangga terhadap produk atau jasa yang dipasarkan.


Pernah lihat film Kungfu panda?

Pasti anda akan ingat ungkapan yang pernah diucapkan Mr. Ping.

"To make something special, you just have to believe it’s special" - Tuan Ping, Ayah Po

Ya... Untuk bisa memasarkan Produk yang akan anda tawarkan, anda harus percaya terlebih dahulu pada barang dagangan anda bahwa barang dagangan anda istimewa. Ketika hal itu sudah merasuki jiwa anda, anda akan bangga terhadap barang dagangan anda.

2. Paham dan mengerti betul produk atau jasa tersebut.

Pertanyaan demi pertanyaan akan selalu berdatangan dari calon konsumen tentang produk anda, sehingga anda dituntut untuk memahami betul barang dagangan anda.

Akan sangat memalukan apabila anda menawarkan produk pada calon konsumen anda, tapi anda tidak paham akan barang anda, sudah pasti calon konsumen akan hilang rasa kepercayaannya.

3. Sediakan anggaran yang cukup untuk pemasaran.

Agar motor bisa berjalan, sudah pasti butuh bbm, begitu juga produk anda.

Untuk bisa menjangkau calon konsumen diberbagai lapisan masyarakat, anda harus siapkan anggaran, sehingga segenap lapisan masyarakat dapat mengenali produk anda.

4. Buat kartu nama, kop surat dan brosur produk dan perusahaan yang menarik, hal ini mencerminkan citra profesional.

Profesionalisme sangat dibutuhkan dalam pemasaran barang produksi. Karena hal ini berdampak pada kepercayaan masyarakat terhadap produk anda.

Dengan tidak mengabaikan profesionalisme dalam pemasaran, maka produk anda akan mudah dikenali dan berada di hati konsumen.

5. Tampilkan 'kesan pertama' yang baik.

Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda. Pernah dengar slogan ini kan?

Ya...  Benar, Kesan pertama memang dapat memberikan dampak yang besar di hati konsumen.

Sebagus apapun produk anda, kalau kesan pertama yang anda tampilkan pada konsumen tidak baik dan tidak menarik, jangan harap mereka mau membeli produk anda. Bahkan, bisa jadi para calon konsumen lari dari produk anda.

6. Biasakan membawa kartu nama dan brosur perusahaan kemanapun Anda pergi, untuk diperlukan sewaktu-waktu.

Untuk menguatkan sikap profesional dan kesan produk berkualitas, anda harus membagi-bagikan kartu nama atau brosur perusahaan, karena hal ini lebih dapat memantapkan kepercayaan di hati konsumen.

7. Pelajari karakter konsumen yang akan menjadi target pasar produk atau jasa.

Konsumen satu dengan yang lain sudah pasti berbeda, berbeda area saja, sudah berbeda pula sikap dan karakter konsumen, jadi anda di tuntut untuk pandai-pandai memahami karakter calon konsumen.

Orang kota, orang desa, orang gunung, orang pesisir, sudah pasti memiliki karakter tersendiri dan berbeda-beda. Di mana anda akan memasarkan produk anda, sebelum anda turun, anda terlebih dahulu mempelajari karakter calon konsumen.

8. Bidik sasaran pasar dengan tepat.

Di mana produk anda di butuhkan, di situlah anda harus memasarkannya. Karena kalau salah sasaran tembak, sudah pasti produk anda tidak laku.

Contoh, anda menjual pupuk tanaman atau alat bercocok tanam di pusat kota, sudah pasti gak ada yang beli.

Ingat, Jangan sampai anda menawarkan produk pada pihak yang tak sesuai atau tidak mungkin menggunakannya.

9. Buat jaringan kerja atau network di manapun, untuk menambah panjang daftar relasi Anda.

Memasarkan produk tidak berlaku sehari dua hari dan tidak berlaku di lokasi A dan B. Pemasaran adalah kesinambungan dari masa ke masa. Oleh sebab itu anda butuh relasi yang banyak, sehingga bisa terjalin sebuah jaringan pemasaran dari waktu ke waktu dan dari satu lokasi ke lokasi yang lain.

10 Sabar, disiplin dan konsisten.

Dari semua kiat di atas, kunci suksesnya adalah pada point ini. Apapun jurus yang anda gunakan tapi tanpa melibatkan point yang terakhir ini, sudahlah, sudahi petualangan anda di dunia marketing. Anda tidak pantas dalam dunia bisnis. Anda cocoknya jadi karyawan. Karena dunia bisnis adalah dunia penuh persaingan yang ketat, sehingga di butuhkan keseriusan, ketekunan yang didasari dengan kesabaran.

Semoga sukses, salam dari kiatjitu


Banyak Yang Baca Juga:

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments